April 2024
SSRKJSM
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930 
April 16, 2024

INTAN NEWS

Berita Tanah Air & Daerah

Pj Bupati Intan Jaya kunjungi warga Dadoto Untuk Pertama Kalinya

3 min read
intan jaya - dagoto

Pj Bupati Intan Jaya kunjungi warga Dadoto Untuk Pertama Kalinya

 

Nabire – Penjabat (Pj) Bupati Intan Jaya, Apolos Bagau bersama anggota DPRD dapil Biandoga, Kepala Dinas Sosial Oni Dendegau dan Sekretaris Dinas Pendidikan melakasanakan kunjungan kerja (kunker) ke wilayah distrik Biandoga persisi di kampung Daboto pada Selasa, (5/9/2023).

“Kunjungan ini untuk bertemu langsung dengan masyarakat yang berada di kampung Daboto,” kata Pj Bupati Intan Jaya Apolos Bagau.

Keberadaan kampung Daboto lebih dekat kabupaten Nabire dan kabupaten Waropen ketimbang ke Sugapa, ibukota kabupaten Intan Jaya. Sehingga kunjungan ini merupakan yang paling pertama kali yang dilakukan di era Apolos Bagau jabat Pj Bupati sejak Intan Jaya dimekarkan sebagai satu kabupaten dari Paniai pada tahun 2009 silam.

“Ini kunjungan pertama Pemda Intan jJaya ke kampung Daboto sejak terbentuknya Intan Jaya sebagai satu kabupaten. Itu bupati devinitif sekalipu tidak pernah turun di tempat ini,” ucapnya.

Bagau mengaku, sejak ia dilantik sebagai Pj Bupati dilantik pada tanggal 29 Desember 2022, pihaknya sudah melakukan sejumlah kegiatan pemerintahan dalam hal pelayanan kepada masyarakat di kampung tersebut.

“Yaitu melalui Dinas Sosial antar sembako dan Dinas Dukcapil melakukan perekaman e-KTP kepada masyakat Daboto distrik Mbiandoga pada bulan Juli yang lalu, dan hari saya bersama rombongan berkunjung lagi,” ucapnya.

Saat kunjungan kerja tersebut, kata dia, masyarakat manyampaikan aspirasi yang selama ini menjadi kerinduan akan kehadiran Pemda di tempat itu, serta dimohon perhatikan segi pembangunan dan pelayanan terhadap masyarakat terutama penerangan, perumahan, air bersih, bibit tanaman atau sayuran.

“Saya langsung menerima program yang disampaikan kepada Pemda, dan saya apresiasi baik atas penjemputan dari anak sekolah bersama guru-gurunya dan masyarakat setempat,” kata mantan Kepala Dinas Pendidikan Intan Jaya ini.

Sejumlah usulan itu, kata dia pihaknya akan mengupayakan dalam perencanaan program anggaran perubahan tahun 2023 atau tahun anggaran induk 2024,” kata Bagau.

Kepala Dinas Sosial Intan Jaya, Oni Dendegau mengatakan, kunjungan juga ini untuk memberikan bantuan berupa sembilan bahan pokok (sembako) kepada masyarakat serta memberikan bantuan kepada anak sekolah berupa tas, alat tulis dan lainnya.

“Kunjungan kerja Pj Bupati Intan Jaya bersama kami melihat dari dekat kehidupan masyarakat setempat seperti sekolah, Puskesmas dan kebutuhan lainnya. Kunjungan kami ini mereka (masyarakat) jemput dengan baik,” kata Dendegau.

Kesempatan itu, kata Oni, keluhan warga langsung disampaikan oleh para guru, tim medis, dan masyarakat bahwa pentingnya ada sanitasi bagi warga di daerah itu.

“Mereka menyampaikan sejumlah hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari diantaranya air bersih, rehap gedung sekolah dan pembangunan tower Telekomsel Bakti Aksi termasuk lapangan terbang,” ucapnya.

Mantan kepala bidang Akuntansi DPKAD Paniai ini mengaku, sejak Apolos Bagau dilantik sebagai Pj Bupati Intan Jaya pada tanggal 29 Desember 2022, Dinas Sosial setempat sudah tiga kali salurkan bantuan sosial di Daboto sedangkan Dinas Dukcapil juga langsung turun ke lapangan melakukan perekaman e-KTP di kampung itu selama dua Minggu.

“Hari ini kami pergi kunjungi bawah sejumlah sembako dan bantuan keperluan anak sekolah,” ucapnya.

Kedepan, menurut dia, pihaknya akan kunjungi distrik Tomasiga dan beberapa tempat. Maka diharapkan semua OPD bisa turun ke daerah untuk melihat dari dekat supaya kerinduan masyarakat bisa terobati dan bersama-sama membangun Intan Jaya.

Pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh komponen terutama aparat keamanan, pegawai ASN dan masyarakat mulai dari Mbulumbulu hingga Makataka yang sudah bekerjasama untuk daerah Intan Jaya sehingga pelan-pelan sudah bisa bangun daerah tercinta.

“Kami juga menyampaikan terima kasih banyak teman-teman wartawan (media massa) yang terus memberikan informasi yang bersifat edukasi atas situasi di Intan Jaya,” ujarnya.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *