April 2024
SSRKJSM
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930 
April 13, 2024

INTAN NEWS

Berita Tanah Air & Daerah

Pelantikan Pengurus PMI Intan Jaya Perode 2022-2027

3 min read
PMI intan jaya

Nabire – Musa Kobogau terpilih memimpin Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Intan Jaya periode 2022-2027 setelah resmi dilantik Sabtu (12/11/2022).

Dalam kepengurusannya selama satu periode mendatang, Musa Kobogau menyampaikan perlunya dukungan pemerintah daerah. Juga, dari masyarakat dan semua pihak agar program kerja PMI dapat dijalankan demi menjawab berbagai persoalan sosial kemanusiaan, lingkungan, pembangunan mental spiritual generasi muda, serta aman dari konflik yang berkepanjangan.

“Intan Jaya harus transparan. Kami berharap, bupati beserta jajaran pemerintah daerah melihat PMI sebagai salah satu lembaga penting yang sangat dibutuhkan di daerah-daerah seperti Intan Jaya. Sangat membutuhkan kehadiran PMI,” tandas Musa.

Selama beberapa tahun sebelumnya jika sempat lalaikan fungsi dan program, perhatiannya diharapkan lebih serius lagi dengan adanya kepengursan baru.

“Perlu ada perhatian serius setelah pengurus baru ini sudah dilantik,” lanjutnya.

Bagi Musa, kepercayaan dari berbagai pihak memimpin PMI kabupaten Intan Jaya patut dijawab selama masa kepengurusannya.

“Pengurus baru setelah dilantik, tentunya kinerja harus lebih baik lagi sesuai fungsi dari PMI itu sendiri. Kami akan ajukan program kerja ke pemerintah daerah,” kata Kobogau.

Hal ini menurutnya sangat penting dalam rangka meningkatkan kinerja kerja dari PMI.

“Usulan program kerja akan kami naikan supaya pemerintah daerah lebih serius perhatikan PMI ini. Kerja sama sangat penting. Intan Jaya ada banyak persoalan yang harus ditangani bersama-sama.”

Kobogau menyebutkan, dari pengalaman selama ini, memang perlu kerja sama untuk menjawab masalah bencana alam, gangguan keamanan, ekses politik, dan lain-lain.

“Banyak masalah, dan itu harus ditanggulangi bersama-sama. Semua pihak saling bergandeng tangan dengan pemerintah daerah,” harapnya sembari menambahkan, PMI bergerak dalam hal kebencanaan dan kemanusiaan.

Stevanus Rantetoding, ketua bidang organisasi PMI provinsi Papua, menyampaikan terima kasih kepada pengurus lama yang juga hadiri acara pelantikan pengurus baru.

“Terima kasih kepada ketua PMI kabupaten Intan Jaya periode lalu beserta jajaran yang hadir atas dedikasinya selama ini. Dan, selamat bekerja kepada pengurus baru,” ucapnya.

Kepengurusan PMI periode mendatang diharapkan bekerja dengan lebih baik dan optimal sesuai fungsinya di sektor pembangunan kemasyarakatan dan kemanusiaan.

“Dengan semangat yang kuat harus menjalankan amanah sebagai organisasi profesional di bidang kemanusiaan karena PMI memiliki peran dan kontribusi besar dalam membangun kualitas kehidupan sosial masyarakat,” kata Rantetoding.

Pengurus yang baru dilantik juga diminta bersinergi dengan pihak lain. Dengan kerjasama yang baik untuk sosialisasikan mengenai ancaman bencana, mitigasi, donor darah, dan hal terkait lainnya.

“Pengurus baru setelah lengkap dengan enam bidang, sebaiknya dibentuk juga relawan tingkat bawah di delapan distrik,” harapnya.

Rantetoding berharap, pengurus baru mengadakan pendekatan dengan pemerintah daerah, serta harus bekerja sama dan saling bahu membahu.

“Salah satu hal penting, pengurus harus mendapat dukungan penuh dari semua pihak baik dari pemerintah daerah maupun masyarakat Intan Jaya agar PMI dibawah ke arah yang lebih baik. PMI adalah ladangnya untuk bekerja demi kemanusiaan,” tuturnya.

Dukungan terhadap keberadaan PMI datang dari lembaga legislatif.

Oktovianus Wandikmbo, anggota DPRD Intan Jaya, menyarankan pengurus baru kerja maksimal dengan dukungan berbagai pihak.

“Kami sampaikan pesan kepada pengurus baru supaya kerja dengan baik, harus melibatkan semua stakeholder, termasuk lembaga lain dan masyarakat Intan Jaya,” kata Wandikmbo.

PMI menurut Okto perlu didukung pemerintah daerah dalam hal ini instansi seperti BPBD, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial.

“Kami (DPRD) siap memberikan dukungan penuh. Minimal anggaran untuk PMI sudah bisa dialokasikan di sidang dewan,” ujarnya.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *